Urgensi Pendidikan Holistik

Oleh Amie Primarni

Akhir-akhir ini dunia pendidikan kita sedang gundah gulana. Perubahan kebijakan pendidikan belum sempat dipahami dengan sempurna, badai Pandemi Covid 19 melanda yang memporak-porandakan tatanan pendidikan yang selama ini nyaris telah mapan, kalau tidak ingin dikatakan statis tanpa perubahan berarti di masyarakat.

Problem sosial yang terjadi dimasyarakat menandai ada yang masih keliru dengan pendidikan kita.

Tiga pilar penegak pendidikan, yakni rumah, sekolah, dan lingkungan nampaknya kini hanya menjadi satu pilar, itu pun terdistorsi perannya hanya mampu menyelenggarakan persekolahan saja, dan meninggalkan esensi pendidikan yang sesungguhnya.

Sebenarnya apa esensi pendidikan ? Siapa yang bertanggungjawab atas pendidikan ? Ini pertanyaan reflektif yang butuh perenungan.

Disisi lain, kita masih kebingungan untuk memahami dimana posisi akhlak, adab, karakter, moral, dan etika dalam lingkup pendidikan. Padahal ini merupakan hal yang penting untuk dipahami.

Untuk memahami hal ini, Pusat Kajian Pendidikan Keluarga – Pascasarjana IAI Nasional Laa Roiba akan mengupasnya dalam Diskusi Inspiratif bersama Dr Amie Primarni di Pojok Al Fikri di https://youtu.be/NkeWVFmHtBE

https://bit.ly/YouTubeOfficialLaaRoiba
https://bit.ly/FacebookOfficialLaaRoiba
https://www.facebook.com/matapenaschool/



Dari Webinar Pasca Laa Roiba, Prof Abudin: Karya Ilmiah Harus Novelty dan Beradab!