PSKL-LPPM Laa Roiba Lakukan Penghijauan Hutan Cigudeg

Bogor, Laa Roiba — Sebagai implementasi dari kegiatan cinta penghijauan, Komunitas Cinta Penghijauan dan Cinta Al-Qur’an bekerjasama dengan Pusat Studi Kehutanan dan Lingkungan (PSKL) dan LPPM IAI-N Laa Roiba melakukan penyemaian bibit pohon di lahan hutan Cigudeg, Ciawi, Bogor.
Rektor IAI Nasional Laa Roiba, Yanti Hasbian Setiawati, menyampaikan bahwa setiap manusia sesungguhnya punya tanggung jawab atas menjaga dan melestarikan lingkungan semesta yang telah diciptakan dan dianugerahkan Allah SWT kepada manusia sebagai khalifah di muka bumi. ”Kegiatan penghijauan bagi mahasiswa, dosen dan masyarakat adalah wujud nyata kepedulian mereka pada lingkungan. Saya berharap ini bisa menjadi habit mereka kelak saat terjun ke masyarakat untuk mengajak mereka turut menjaga kelestarian hutan dan lingkungan alam.”
Sebagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, jelas Rektor IAI-N Laa Roiba, mahasiswa dan dosen selain aktif dalam kegiatan Pendidikan (perkuliahan), juga secara rutin biasa melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan. ”Termasuk terlibat masalah pelestarian hutan dan lingkungan hidup. Terlebih, IAI-N Laa Roiba sejak tahun 2017 sudah memiliki Pusat Studi Kehutanan dan Lingkungan yang mewadahi dan mengkoordinasi segala aktivitas penananam, pemeliharaan, penelitian dan pengembangan hutan dan lingkungan lestari,” ungkapnya.
Sebagai perguruan tinggi keagaman, tegas Yanti Hasbian, IAI-N Laa Roiba memandang upaya pelestarian hutan dan lingkungan sejatinya merupakan bagian dari pengamalan ajaran Islam. ”Islam sebagai agama rahmatan lil-‘alamin sangat memperhatikan penyelamatan dan pemeliharaan lingkungan serta melarang berbuat kerusakan di muka bumi. Ada banyak ayat Al-Qur’an maupun Hadis Nabi Muhammad SAW mengandung pesan penyelamatan dan pelestariah hutan dan lingkungan,” tegasnya.

Wakil Koordinator Komunitas Cinta Penghijauan Dra Siti Aminah MPd menyampaikan bahwa manusia punya tanggung jawab untuk menjaga dan merawat sumber penghidupan seperti tercantum dalam surat Al A’raf 7 : 10.
“Sesungguhnya Kami telah menempatkan kamu sekalian di muka bumi dan Kami adakan bagimu di muka bumi (sumber) penghidupan. Amat sedikitlah kamu bersyukur”.
”Jangan sampai ayat ini berhenti hanya dibaca atau dihafal. Maka kegiatan penghijauan ini merupakan taddabur alam yang tidak hanya sekedar menikmati apa yang sudah diberikan, namun juga memberikan kontribusinya untuk menjaga dan merawat alam,” tambah Siti Aminah.

Hadir dalam kesempatan tersebut Camat Ciawi, Agus HS, anggota Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Laa Roiba Wiwi Uswatiyah, Kepala Pusat Studi Kehutanan dan Lingkungan Alez Zulkarnaen, Kabid Pengabdian Masyarakat LPPM Laa Roiba Chaerul Anwar, Marketing IAI-N Laa Roiba Efrita Norman, dan sejumlah dosen IAI-N Laa Roiba serta mahasiswa dan tokoh masyarakat anggota Komunitas Cinta Penghijauan dan Komunitas Cinta Al-Qur’an.
Sebelum melakukan penanaman bibit tanaman, secara simbolis Rektor IAI-N Laa Roiba menyerahkan bibit tanaman kepada Camat Ciawi, Agus HS, mewakili masyarakat Desa Cigudeg, Kecamatan Cawi, Kabupaten Bogor.[AP/DJ]

Enam Proposal Riset Tebaik IAI-N Laa Roiba 2019
PEDOMAN UMUM DAN PETUNJUK TEKNIS PENGAJUAN PROPOSAL PENELITIAN LPPM - IAI-N LAA ROIBA BOGOR