Program Pascasarjana IAIN Laa Roiba

Kata Pengantar Direktur Pascasarjana

Dr. Mohamad Jaenudin, M.Ag., M.Pd. (Direktur Pascasarjana)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Para pembaca dan pemerhati pendidikan yang kami hormati. Selamat datang di situs website resmi Pascasarjana IAI-N Laa Roiba Bogor. Situs web ini merupakan salah satu media informasi yang dapat diakses secara luas oleh para stakeholder pendidikan Islam dan masyarakat.

Situs web ini diharapkan menjadi salah satu referensi bagi siapa saja yang membutuhkan informasi-informasi terkait dengan berbagai kebijakan, program dan kegiatan pengembangan pendidikan Islam pada program Pascasarjana IAI-N Laa Roiba Bogor.

Sebagaimana diketahui program Pascasarjana IAI-N Laa Roiba Bogor ini dalam mengembangkan pendidikanya telah membuka Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan Izin Oprasional berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No: Dj.I/809/2010 dan telahTerakreditasi BAN-PT Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 973/SK/BANPT/Akred/M/IX/2015.dengan menawarkan  3 (tiga) konsentrasi pilihan  yaitu Manajemen Pendidikan Islam, Bimbingan dan Konseling Islam dan Kepemimpinan Pendidikan Islam.

Melalui media situs web ini, pembaca dan pemerhati diharapkan dapat mengikuti dan mendapatkan informasi terkait dengan perkembangan yang terjadi dalam konteks pembangunan pendidikan Islam sebagai bagian yang tak terpisahkan dari sistem pendidikan nasional yang secara khusus pada program pascasarjana IAI-N Laa Roiba Bogor di lingkungan lembaga pendidikan Islam IAI-N Laa Roiba Bogor dan Program Pendidikan di Indonesia pada umumnya.

Selamat membaca.

Wassalamu,alaikum Wr.Wb,

Selayang Pandang

Munculnya fenomena kehidupan manusia masa kini untuk kembali kepada nilai-nilai religius dapat dipahami jika dikaitkan dengan kehidupan modern yang bersifat induvidualistis, matrealistik dan sekuleristik, hal tersebut merupakan tantangan dan sekaligus peluang bagi dunia Perguruan Tinggi untuk merekonstruksi setting dan system pendidikan sebagai solusi terhadap problem tersebut diatas, terutama dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia yang mumpuni dan mempunyai intregritas yang utuh.

Untuk menjawab tantangan tersebut diatas, Institut Agama Islam Nasional (IAIN) Laa Roiba yang sebelumnya adalah Sekolah Tinggi Agama Islam Laa Roiba merupakan salah satu Perguruan Tinggi perintis di Wilayah Bogor Barat berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Laa Roiba berdiri pada tahun 1993 bertekad untuk selalu menjaga keberadaannya dan berkembang secara berkesinambungan dalam proses keseimbangan yang dinamik, kreatif, inovatif dan futuristik, sehingga mampu melakukan upaya untuk memperbaharui diri dan lingkungannya serta secara konsisten dan terus-menerus berorientasi kepada peningkatan mutu dalam konteks yang amat dinamik.

Demikian juga, dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, meningkatnya ekspektasi masyarakat untuk mendapat layanan pendidikan bermutu, banyaknya kritik terhadap pembelajaran PAI di sekolah dan madrasah, serta keberadaan lembaga-lembaga pendidikan Islam yang mayoritas berkualitas rendah, menuntut tersedianya guru PAI dan penyelenggara/pengelola pendidikan Islam yang unggul, profesional, kompetitif, inovatif,  dan responsif. Maka untuk merespon tantangan tersebut, IAI-N Laa Roiba Bogor pada tahun 2010 membuka Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Konsentrasi Manajemen Pendidikan dengan Izin Oprasional berdasarkan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam No: Dj.I/809/2010 dan telahTerakreditasi BAN-PT Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 973/SK/BANPT/Akred/M/IX/2015.

Visi, Misi dan Tujuan

Visi
Menjadi Pusat Pendidikan, Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Islam yang menghasilkan lulusan berkualitas,
mampu berkompetisi dan berkarya dalam mengembangkan Ilmu Pengetahuan yang berbasis riset.

Misi
1. Menyelenggarakan Pendidikan dan Pengajaran di bidang Ilmu Pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang
memiliki kemampuan akademik dalam mengembangkan Ilmu
Pendidikan Islam.

2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan Ilmu
Pendidikan Islam yang berorientasi pada kepentingan pendidikan dan pembangunan nasional berdasarkan kaidah ilmiah.

3.Menyelenggarakan berbagai kegiatan kemasyarakatan yang
menunjang penerapan dan pengembangan Ilmu Pendidikan
Islam.

Tujuan
1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi personal, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berintegritas, berdedikasi dan bertanggungjawab untuk mengembangkan Ilmu Pendidikan Islam.

2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akademik dalam menerapkan, mengembangkan, serta menyebarluaskan Ilmu Pendidikan Islam.

3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan memecahkan
permasalahan dibidang Ilmu Pendidikan Islam melalui kegiatan
penelitian dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah.

4. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan konseptual dan manajerial dalam mengembangkan kinerja organisasi serta
bertanggungjawab dan peka dalam menganalisis
permasalahan pendidikan Islam.

Sambutan Ketua Prodi PAI Pascasarjana

Dr. Amie Primarni (Ketua Prodi PAI Pasca)

Dalam dunia akademisi jenjang pendidikan mempengaruhi cara pandang seseorang, secara ideal semakin tinggi tingkat pendidikan semakin baik cara pandangnya sehingga mampu memberikan wawasan yang lebih luas. Implementasi hasil belajar inilah sesungguhnya yang diharapkan oleh masyarakat awam. Mereka membutuhkan pemimpin yang mampu memberikan solusi atas problem yang mereka hadapi.
Sekolah Pascasarjana IAI-Nasional Laa Roiba, terpanggil untuk memenuhi kebutuhan pemimpin sebagai agen perubahan yang membawa nilai kebaikan ditengah masyarakat. Maka Sekolah Pascasarjana memberikan materi yang mampu mengembangkan wawasan berpikir yang lebih holistic, keberanian untuk mengembangkan ide dan gagasan, serta tampil sebagai pemimpin perubahan.
Wawasan berpikir yang holistik ini akan membekali mereka menghadapi keragaman problem yang dihadapinya saat memimpin lembaga pendidikan, mengembangkan lembaga pendidikan atau pun sebagai pejabat di sebuah instansi.
Kami menyiapkan Anda menjadi Pemimpin Perubahan pembawa kebaikan.