Prof Dr Abdul Hye PhD: Al-Qur’an Sumber Inspirasi Sains dan Peradaban

Bogor, Laa Roiba — Al-Qur’an telah dan akan terus menjadi sumber inspirasi sains dan kemajuan peradaban manusia, kata Prof Dr Abdul Hye PhD PE, Ilmuwan Lembaga Penerbangan dan Antariksa (NASA) AS dalam seminar pendidikan “Al-Qur’an and Science Presentation” di Bogor, Rabu (27/11).
Dalam seminar yang diselenggarakan IAIN Laa Roiba di Auditorium Gedung Tegar Beriman Bogor, pakar NASA kelahiran Bangladesh itu menjelaskan bahwa dari 6.000 ayat Al-Qur’an ada lebih dari 1.000 ayat berbicara tentanp8g sains. Banyak para ilmuwan Muslim dahulu muncul karena inspieasi ayat Al-Qur’an. Selana belasan abad, mereka menguasai berbagai ilmu. Mulai dari kedokteran, astronomi, fisika, biologi, geologi, geografi, oseanografi dan lain-lain.
“Mereka tidak sekadar membaca, menghapal, melainkan juga memahami isi Al-Qur’an. Ayat-ayat itu dijadikan inspirasi riset untuk pengembangan berbagai ilmu dan teknologi sehingga mewarnai peradaban dunia. Kontribusi para ilmuwan Muslim luar biasa besarnya bagi manusia kemanusian,” tegasnya.
“Kita, para mahasiswa dan dosen dari berbagai lembaga punya peluang untuk kembali berkiprah mewarnai peradaban dunia. Indonesia sebagai negara Muslim terbesar punya peluang dan harapan. Syarat kita kembali dalami Al-Qur’an dan bekerja lebih keras dari waktu ke waktu,” tegas pakar rekayasa mekanik NASA itu.


Ajakan kembali ke Al-Qur’an juga diserukan Rektor IAIN Laa Roiba, Yanti Hasbian Setiawati dalam sambutan pembukaan. Menurutnya, Al-Qur’an adalah anugrah Allah yang tidak terhingga. Kitab Suci ini adalah panduan grand desain untuk umat manusia. Menjadi pedoman dan petunjuk kehidupan kita semua dalam menjalankan fungsinya sebagai hamba Allah dan khalifah di muka Bumi.
Al-Qur’an dan sains menjadi ilmu yang tak terpisahkan. Kita perlu berusaha untuk mencintanya, mentadaburi Al-Qur’an sebagai pedoman hidup pedoman umat manusia. Semoga nilai-nilainya tercermin dan terpancar dari insan-insan sehingga dapat menghadirkan solusi untuk mengatasi krisis multidimensi.
“Mari kita bumikan kembalu Al-Qur’an dalam keseharian, sebagai sumber inspieasi dan modal dasar untuk mengembangkan kehidupan dan rahmat bagi semesta alam.
Atasnama pimpinan IAIN Laa Roiba, Yanti menyampaikan ungkapan terima kasih dan penghargaa bagi Prof Abdul Hye yang berkenan hadir mengisi acara di Bogor sebagai satu titik dari safari dakwahnya di Indonesia.
Selain menghadirkan narasumber Abdul Hye yang telah menulis lebih dari 20 buku dalam bahasa Inggris, Arab dan Perancis, dalam ranngka memperingati Hari Guru, IAIN Laa Roiba menyampaikan penghargaan kepada dosen dan karyawan. Antara lain Ir H Dedi Junaedi MSi sebagai dosen berprestasi, Farah Cholida Hanoum ST MM sebagai dosen kreatif kewirausahaan, Tachyan MPd dosen paling loyal, Maturidi SPd MPd sebagai dosen berdedikasi dalam sosial keagamaan, serta Siti Matsurah sebagai karyawan berdedikasi.
Lebih dari 500 peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa, dosen dan guru di lingkup Kabupaten Bogor, seminar internasional ini dimoderatori oleh Abu Ali, translater Yudi Permana SThI MM dari Fakultas Tarbiyah, dan MC Faisal SR dari Fakultas Syariah IAIN Laa Roiba.
Sebagai kenang-kenangan, Prof Abdul Hye memberikan hadiah sejumlah buku dan dvd tentang materi Al-Qur’an dan Sains, serta dakwah Islam dan perbandingan agama. “Silakan dimanfaatkan dan boleh diperbanyak sesuai keperluan. Semuanya free of charge,” pungkasnya.
Acara diakhiri dengan sesi foto dan ramah-tamah.(dj)


Khutbah Gerhana Prof Nanat: Kita Setitik Debu pun Tidak, Ngapain Sombong?