PPM Laa Roiba Membawa Warna dan Semangat Baru

Bogor, Laa Roiba — Program PPM di Desa Purasari, Kecamatan Leuwi Liang, Bogor, sudah hampir berakhir. ”Beragam kegiatan telah terlaksana, cukup efektif dan mendapat respon sangat baik dari masyarakat,” kata Rektor IAI-N Laa Roiba, Yanti Hasbian Seiawati.
Penerimaan masyarakat, jelas Yanti Hasbian, begitu antusias menyambut tim PPM. Mereka menerima dan bersedia bekerjasama mensukseskan semua acara dan kegiatan PPM. Kegiatan ini, lanjutnya, merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang akan terus berlanjut selama 5 tahun, sesuai dengan program desa binaan kampus di Desa Purasari.
Ketua BPD Desa Purasari Dadi SPd memberi kesaksian: “kehadiran mahasiswa sangat bermanfaat. Mereka membawa warna baru dan semangat baru. Terutama bagi para remajanya yang termotivasi untuk dapat membangun desanya menjadi lebih maju.”
Dadi mengaku menyaksikan sendiri, para mahasiwa IAI-N Laa Roiba begitu semangat. Tanpa kenal lelah mereka bergerak siang dan malam dengan tulus untuk dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat Desa Purasari. “Atasnama pengkat desa maupun warga masyaraat Purasari, kami menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya,” tegas Dadi.
Rektor IAI-N Laa Roiba menjelaskan bahwa berbagai kegiatan telah dilaksanakan dengan cukup terencana dan sistematis, sesuai dengan program yang dicanangkan baik bidang keagamaan, pendidikan, sosial, pengembangan ekonomi kreatif serta program ramah lingkungan.
Penilaian positif juga sampaikan Kepala Desa Purasari, Endang Setiawan. Karena itulah, Selaku pimpinan, Endang banyak memberikan dukungan, baik moril maupun materil, dalam kegiatan ini. ”Apa pun yang baik dan produktif, pasti saya dukung. Apalagi itu atas inisiatif dan kreasi mahasiswa. Kami senang dan bangga dengan PPM Mahasiswa Laa Roiba.”
“Berbagai kegiatan alhamdulillah dinilai telah berjalan baik,” ungkap Yusi Srihartini, Ketua Pelaksana PPM Laa Roiba 2019. Dalam bidang keagamaan, jelasnya, warga masyarakat meningkat kesadarannya untuk ikut mengaji, para remaja semakin rajin pergi ke masjid untuk belajar ngaji; ibu-ibu juga bersemangat mengikuti pengajian rutin dengan mahasiswa sebagai narasumbernya.
Pada bidang sosial, tambah Yusi, berbagai program kerja telah pula terlaksana. Di antaranya kegiatan membantu merenovasi musholla oleh kelompok 14. Secara swadaya mahasiswa membantu menghimpun dana dari para donatur sehingga Alhamdulillah musholla yang sebelumnya rusak akibat gempa dapat kembali berdiri dan berfungsi dengan baik.
Sementara bidang pengembangan ekonomi kreatif yang telah terlaksana, jelas Yusi, antara lain pembinaan dan pendampingan kelompok UKM . Tim PPM membantu mendorong perluasan pemasaran melalui bisnis online sehingga mampu meningkatkan pendapatan. Selain itu, pengembangan produk lokal seperti gula aren dan sapu awis sebagai hasil dari kerajinan warga UKM.
“Selain itu, ada masih banyak kegiatan lain seperti mengadakan seminar kewirausahaan, workshop peternakan domba, workshop pengembangan usaha ekonomi kreatif, bertanam buah tabulapot serta penyuluhan lainnya, tegas Yusi.
Rektor IAI-N Laa Roiba berharap: ”semoga semua kegiatan PPM ini berdampak positif bagi masyarakat. terutama warga Desa Purasari. Mereka bersemangat tinggi membangun desa menuju desa yang lebih maju, mandiri, sejahtera, dan berkeadaban dengan nilai-nilai keislaman yang tinggi.” (dj)


Tim Monev Kopertais Wilayah II Kunjungi IAI-N Laa Roiba Bogor
PPM Laa Roiba Bantu Renovasi Musholla