PPM Laa Roiba Bantu Renovasi Musholla

Kelompok 14 PPM IAI-N Laa Roiba membantu warga merenovasi Mushola warga Kampung Saung, Purasari, Leuwiliang, Bogor

Bogor, Laa Roiba — Kelompok 14 PPM IAI-N Laa Roiba membantu warga merenovasi musholla Rt 03 Kampung Saung, Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Bogor. ”Progres renovasi sudah mencapai 80%. In sha Allah dalam beberapa hari kedepan sudah siap semuanya,” kata Mia Hermaliana, dosen pembimbing PPM.
Menurut Mia, kegiatan renovasi rumah ibadah bertema “berdikari” ini berawal dari rasa kepedulian dan kerihatinan terhadap kondisi mushola di Kampung Saung RT 03, kawasan binaan PPM Kelompok 14. “Waktu itu, kondisinya sangat menghawatirkan. Atap asbes bocor dimana-mana, jendela tidak berkac, lantai sudah rusak, dinding sudah banyak yang hancur, tempat mimbar sudah tidak layak karena temboknya roboh. Intinya, kondisi sudah tidak layak dan perlu renovasi.”

Pada saat yang sama, jelas Mia, warga sangat mendambakan fungsi mushola. Di rumah ibadah itulah, anak-anak belajar mengaji melalui TPA. Di sini pula ibu-ibu dan para pemuda dan bapak-bapak mengaji, menuntut ilmu akhirat.

Atas dasar itu, kelompok 14 PPM berinisiatif membantu warga merenovasi mushala tersebut. Mereka membuat proposal penggalangan dana renovasi dan mengajukannya ke beberapa lembaga. ”Alhamdulillah, dana mulai terkumpul. Di antaranya, bahkan ada donatur yang menyumbangkan Rp 9 juta,” kata Mahfudin, Ketua Panitia Renovasi yang juga Ketua Kelompok 14 PPM IAI-N Laa Roiba.
Selanjutnya, Kelompok 14 PPM berkoordinasi denga RT dan warga setempat. Warga menyambut inisiatif mahasiswa dengan antusias. Maka, renovasi mulai dilakukan dengan bantuan dan dukungan warga. ”Kami senang dan bangga melihat tim mahasiswa yang kreatif, penuh inisiatif. Atasnama warga, kami mengucapkan banyak-banyak terima kasih,” ungkap Sastra, Ketua RT 03.
Kepada para donatur dan juga segenap Tim PPM Laa Roiba, Sastra berharap: “Semoga kegiatan renovasi ini menjadi amalan jariah mereka. Warga juga dapat merasakan manfaat dari keberadaan musholla baru nanti. Semoga Allah selalu melimpahkan rahmat dan berkahnya buat semua pihak. Aamiin!” (dj).

PPM Laa Roiba Membawa Warna dan Semangat Baru
PPM Laa Roiba Workshop Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya Lokal