LPPM Update

Menuju Proses Akreditasi Sinta

IAI-N Laa Roiba memiliki tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dari berbagai macam kompetensi dosen antara lain dalam bidang pendidikan, ekonomi,  komunikasi,  dan praktisi.  Mereka  berasal dari  berbagai perguruan tinggi ternama antara lain UIN, IPB, UI, UGM, UNJ, dan sejumlah perguruan tinggi swasta lain. Ada 53 dosen tetap, 21 di antaranya sudah tersertifikasi. Sedikitnya 31 dosen sudah terverifikasi sebagai author Sinta. Adapun tenaga kependidikan yang ada di IAI-N Laa Roiba memiliki jenjang pendidikan setara SMA, D3, S1, dan S2.

Per 6 Oktober, dalam peta perguruan tinggi nasional, IAI-N Laa Roiba menempati posisi 955 dari 50050 PT yang ada. Di level IAI lingkup nasional, ada di peringkat 36. Sedang di IAI level Jawa Barat menempati peringkat pertama. Posisi ini meningkat cukup tajam dibanding posisi dua tahun lalu (2018).

Memasuki tahun ke-25, IAI-N Laa Roiba tak hanya pemain lokal. Kini juga mulai dikenal dan diperhitungkan di tingkat wilayah dan nasional. Sejumlah prestasi akademik dan kon akademik alhamdulillah mulai banyak diraih. Beberapa masuk level kompetisi dan event nasional, melibatkan dosen maupun mahasiswa. Antara lain:

  1. Juara MTQ dan Tahfidz  tingkat Wilayah Bogor/Jabar
  2. Terbaik ke-3 perguruan tinggi Islam Kopertais Wilayah II Jabar-Banten,
  3. Juara III Lomba Karya Tulis Harteknas Kemeristek 2015
  4. Juara III Lomba Karya Tulis BPPT 2018
  5. Pemakalah Simposium Nasional Keuangan Negara (SNKN) 2018 di Kementerian Keuangan,
  6. Juara I Lomba Karya Tulis Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) 2019,
  7. Juara I Lomba Tulis Asuransi Syariah 2020;
  8. Juara III Kompetisi Penelitian dan Karya Tulis Inovasi Investasi Keuangan Haji BPKH-MES 2020.
  9. In sha Alah, calon pemakalah Simposium Nasional Keuangan Negara (SNKN) 2020, Kemenkeu RU, 5 November 2020

Ke depan, Laa Roiba juga ingin masuk ke medan percaturan di tingkat global. Setidaknya  karya ilmiah civitas akademia IAI-N Laa Roiba kita susah bisa dibaca, dikenal bahkan mulai disitasi komunitas ilmiah internasional. Hingga kini setidaknya sudah  ada empat jurnal online.

Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah;

As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga;

Jurnal Dirosah Islamiyah;

Religion Education Social Laa Roiba Journal.

Keempat e-journal ini kini sedang dalam proses akreditasi Sinta. Hadirnya e-journal ini bisa menjadi jembatan kita untuk membawa Laa Roiba dari pemain lokal menjadi pemain global. Dengan kerjasama, sinergitas alumni dan mitŕa kerjasama, serta pertolongan Allah, in sha Allah ada titik terang untuk berjalan di lintasan-lintasan yang benar.

Per 10 Oktober 2020, tercatat ada 356 dokumen ilmiah dan 923 sitasi terindeks Sinta. Lima di antaranya terindeks scopus (Q1, Q2, Q3 dan Q4) dengan 8 sitasi. Selain itu ada 7 karya HAKI, serta ratusan karya ilmiah populer yang diliput oleh media lokal dan nasional.[DJ]

Pedoman Penelitian dan Publikasi Ilmiah

Pedoman Pengelolaan PKM

Author Sinta

Dokumen Penelitian & Karya Ilmiah

Dokumen Sitasi Ilmiah

Dokumen Scopus

Dokumen IPR

Publikasi Ilmiah Populer

Laa Roiba Dalam Berita

LPJM Update
Enam Proposal Riset Tebaik IAI-N Laa Roiba 2019