KPUD Bogor dan IAI Nasional Laa Roiba Kerjasama Literasi Pemilih Berkelanjutan

Bogor, Laa Roiba — KPUD Bogor dan IAI Nasional Laa Roiba sepakat melakukan kerjasama tentang Pendidikan Pemilih Berkelanjutan. MoU kerjasama ditandatangani oleh Ketua KPUD Kab Bogor Ummi Wahyuni dan Rektor IAI Nasional Laa Roiba Yanti Hasbian Senin (31/5) di kampus IAI-N Laa Roiba Cibinong, Bogor.

Rektor Yanti Hasbian Setiawati dan Ketua KPUD Bogor Ummi Wahyuni

Dalam MoU itu disebutkan, para pihak bersepakat untuk membina kerja sama dengan ruang lingkup sesuai semangat Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni di bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Program kegiatan dapat mencakup:
a. Kegiatan Pendidikan Pemilih dan Sosialisasi Pemilihan bersama;
b. Penelitian mengenai demokrasi dan Pemilu;
c. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Rektor Laa Roiba mengapreasi adanya kerjasama tersebut. “Saya kita kerjasama ini penting direalisasikan. Kita berharap mahasiswa tidak apatis, melainkan melek dan sadar politik.

Jika mahasiswa dan kampus melek dan sadar politik, Rektor Yanti Hasbian berharap kualitas demokrasi juga membaik. Pada gilirannya kehidupan bernegara dan pembangunan juga berlangsung baik dan tepat sasaran.

Ketua KPUD Bogor Ummi Wahyuni dalam sambutannya menyatakan literasi pemilih berkelanjutan menjadi tema penting dalam menjalin kerjasama dengan kalangan kampus. “Ada setidaknya 14 kampus kami ajak berkolaborasi dalam hal ini. IAI Nasional Laa Roiba menjadi kampus ke-4,” ungkapnya.

Kampus dan komunitas ilmiah didalamnya, jelas Ummi Wahyuni, punya peran penting dalam peningkatan literasi pemilih milenial dan pemilih berkelanjutan. Apalagi, menurut data BPS, 43% pemilih di Indonesia masuk katagori pemilih milenial.

Komisioner Bidang Advokasi KPUD Bogor Hery Setiawan menambahkan bahwa langkah-langkah lembaganya menggandeng kerjasama dengan kampus dilandasi perlunya akselerasi peningkatan kualitas demokrasi yang lebih substantif. Kita ingin mengubah demokrasi prosedural ke demokrasi substansial. “Demokrasi yang substantif diharapkan menghasilkan produk-produk kebijakan dan program pembangunan yang lebih aspiratif. Sekaligus juga menghadirkan solusi atas beragam permasalahan aktual di masyarakat,” tegasnya [DJ]

Tim AIPT Tuntaskan Dokumen Akreditasi IAI-N Laa Roiba