Selama Pandemi Covid-19, IAI-N Laa Roiba Berlakukan Perkuliahan Online

Pelatihan Kuliah Daring

Bogor, Laaroiba — Sebagai upaya mencegah penularan Covid-19, IAI-N Laa Roiba memberlakukan perkuliahan online. Ini berlaku mulai 16 Maret sampai 16 April 2020. Waktu perkuliahan daring kemudian diperpanjang sampai masa transisi New Normal.
“Memperhatiakan kondisi darurat karena ada pandemi Covid-19, sekaligus sebagai upaya mitigasi risiko penularan di lingkungan kampus, kami ambil kebijakan kuliah daring,” jelas Rektor IAI-N Laa Roiba, Yanti Hasbian Setiawati.
Berdasarkan informasi dari Worldometer per 18 Maret 2020 siang, pandemi Covid-19 telah menular di 167 negara dengan kasus lebih dari 200.000 dan kematian lebih dari 8.000 orang. Laju kasus dan kematian akibat day per day masih tinggi. IAI-N menghentikan kuliah tatap muka selama satu bulan mengingat masa inkubasi corona virus, menurut WHO, bervariasi sekitar 2-27 hari.
Untuk mendukung kelancaran kuliah online, jelas Rektor Yanti, pihaknya telah melakukan pelatihan sistem pembelajaran jarak jauh menggunakan Google Classroom dan sistem IT akademik kampus sisca.laaroiba.ac.id, lecturer.laaroiba.ac.id dan student.laaroiba.ac.id.
“Alhamdulillah para dosen antusias mengikuti pelatihan. Semoga perkuliahan berjalan lancar, dosen dan mahasiswa tetap melakukan aktivitas perkuliahan karak jauh. Meski tidak tatap muka, tapi proses berjalan tetap berlangsung sesuai jadwal,” tambah Yanti Hasbian.
Sebenarnya, Google Classroom bukan hal baru bagi Laa Roiba. Tahun 2019, bahkan ada penelitian dosen tentang optimalisasi penggunaan Google Classroom yang dilakukan oleh Tim Dosen dari Fakultas Syariah dan Fakultas Tarbiyah. Kesimpulan dari riset itu ternyata literasi dan prospek pembelajaran e-learning menggunakan Google Classrom mendapat respon dan persepsi bagus dari kalangam civitas akademika Laa Roiba.
Perkuliahan harua tetap berlangsung karena ini adalah hak mahasiswa untuk mendapat materi kuliah sesuai jadwal. Sekaligus kewajiban dosen dan akuntabilitas kami sebagai lembaga pendidikan tinggi. Semoga upaya ini bermanfaat dan membawa kemaslahatan bersama, pungkas Rektor IAI-N Laa Roiba.
Berlangsung di Aula Pascasarjana IAI-N Laa Roiba, pelatihan pembelajaran online menggunakan Google Classroom, Google Meet atau Zoom, dansisca.laaroiba.ac.id berlangsung Selasa (17/3) dengan narasumber dari kalangan internal, yaitu Ir. H. Dedi Junaedi M.Si (LPPM) dan Ahmad Riyadi SE MM (BAAK). Bertindak sebagai moderator sekaligusn MC Faisal SE MM dari Bagian SDM IAI-N Laaroiba. [DJ]

Dosen IAI-N Laa Roiba Juara Lomba Tulis Asuransi Syariah 2020
Prof Endang Caturwati: Kearifan Lokal Masih Relevan Dalam Industri 4.0