Alhamdulillah, Jurnal IAI-N Laa Roiba Mulai Disitasi Jurnal Internasional

Bogor, Laa Roiba — Jurnal nasional mensitasi jurnal internasional adalah hal yang biasa dan sering terjadi. Tetapi, jurnal internasional mensitasi naskah jurnal nasional adalah hal yang jarang terjadi. Bahkan terbilang langka. ”Alhamdulillah, itu dialami salah satu jurnal IAI-N Laa Roiba,” ungkap Dedi Junaedi, LPPM IAI-N Laa Roiba Bogor.


Naskah Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pasar Modal Indonesia yang dimuat jurnal Al-Kharaj Volume 2 Nomor 4 sudah mulai disitasi jurnal internasional. Karya tulis Dedi Junaedi bersama Faisal Salistia itu telah disitasi Journal of Asian Multicultural Reserch on Economy and Management Study Volume 1 Nomor 1 yang terbit 15 Agustus 2020.
Informasi sitasi berasal dari Google Scholar. ”Awalnya ada notifikasi lewat email bahwa ada sitasi baru terhadap artikel jurnal saya. Penasaran saya cek, ternyata yang disitasi adalah naskah di Al-Kharaj 2 (4) yang ditulis bersama Faisal Salistia,” ungkap Dedi Junaedi, Chief Editor Jurnal Al-Kharaj, As-Syar’i dan RESLAJ.


”Yang membuat surprized adalah yang mensitasi karya kami adalah jurnal internasional. Ini pengamalan pertama bagi kami. Biasanya yang mensitasi itu jurnal-jurnal setara dalam lingkup nasional. Terlebih Al-Kharaj adalah jurnal nasional berbahasa Indonesia dan baru dalam proses persiapan menuju akreditasi jurnal di Sinta,” tambahnya.


”Kami tentu senang dan merasa terapresiasi. Lelah kami mempersiapkan tulisan di tengah pandemi Covid-19 seperti terbayar lunas,” tambah Faisal, dosen Ekonomi Syariah yang menjadi co-author tulisan yang disitasi jurnal internasional itu.


Rektor IAI-N Laa Roiba, Yanti Hasbian Setiawati, menyambut baik kabar itu: ”Selamat ya Pak. Subhanallah. Ini satu apresiasi orang luar terhadap karya dosen IAI-N Laa Roiba. Kami ikut bangga. Semoga ini membawa ghairah dosen-dosen kita untuk lebih produktif lagi menulis. Tak hanya di jurnal internal, tapi juga jurnal luar. Bahkan jurnal internasional.”


Al-Kharaj adalah Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah. Dia satu dari empat jurnal yang terbit online di IAI-N Laa Roiba. Tiga jurnal lain adalah As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling, Jurnal Dirosah Islamiyah, dan Religion Education Social Laa Roiba Journal (RESLAJ). Semuanya sudah terindeks Google Scholar, Garuda Ristekdikti, Moraref Kemenag, Index Copernicus, dan dalam proses indexing Crossref.[DJ]

Dr Imas KR: Hidup Kita Sebentar, Maksimalkan Ikhtiar Raih Tiket Bertemu Allah di Surga!
4 Jurnal Laa Roiba Sudah Terindeks Moraref, Garuda, Google Scholar dan Index Copernicus